Header Ads

Selamat Datang di Blog BELAJAR BERSAMA PAK NDIN - 3M : 1) Memakai masker, 2) Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, 3). Menjaga Jarak

P5

 



Mengenal Provinsi Lampung

Rumah Adat Lampung : 



1. Lamban Pesagi (Lampung Barat)

2. Nuwou Sesat

3. Suka Dana (Lampung Timur) 


Pakaian Adat Lampung




Dua Jenis Pakaian Adat Lampung
Pakaian adat Lampung terbagi menjadi dua adat yakni pakaian adat Lampung Saibatin dan pakaian adat Lampung Pepadun.

Secara umum wanita Lampung mengenakan seperangkat pakaian adat yang terdiri dari kebaya (kawai), pada bagian bawahnya digantungi uang ringgit asli, kain tapis (sinjang), ikat pinggang (bebet) dan selop. Sebagai pelengkap dikenakan seperangkat perhiasan berupa penutup kepala (sigar), kalung (selambok), gelang (kalai pungew) dan cincin (alali).

Sedangkan pakaian adat Lampung pria terdiri dari baju telak berlengan (kawai), kain sarung (sinjang), ikat kepala, sendal dengan perlengkapan perhiasan berupa keris, kalung berwarna keemasan.


Bahasa Daerah Lampung


Bahasa Lampung adalah bahasa daerah dan sebagai bahasa ibu bagi masyarakat di Provinsi Lampung. Bahasa Lampung dibagi menjadi 2 yaitu Pepadun dan Saibatin. 

Perbedaan Bahasa Lampung pada letak geografis. Bahasa Lampung dengan Dialek Nyow (Pepadun) adalah bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat Lampung di wilayah nonpesisir. Adapun Bahasa Lampung Dialek Api (Saibatin) adalah bahasa yang dipergunakan oleh masyarakat pesisir. Dengan demikian Bahasa Lampung adalah bahasa daerah yang dituturkan oleh Ulun Lampung dan juga merupakan identitas Provinsi Lampung.  

 Provinsi Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya sangat strategis. Letaknya yang berada di ujung Selatan pulau Sumatera, menjadikan Lampung sebagai satu-satunya pintu gerbang bagi mereka yang ingin masuk ke Pulau Sumatera. Itulah salah satu faktor yang membuat Lampung ramai didatangi oleh  para pendatang dari berbagai macam suku. Majemuknya komposisi masyarakat yang ada di Lampung tersebut, bukannya tidak berdampak bagi kelangsungan masyarakat asli Lampung itu sendiri. Terutama di Kota Bandar Lampung, salah satu dampaknya adalah semakin memudarnya penggunaan bahasa asli daerah Lampung di kota ini. Pudarnya jumlah penutur Bahasa Lampung di Kota Bandar Lampung ini dapat menyebabkan punahnya bahasa Lampung sebagai jati diri dan ciri khas daerah Lampung di kemudian hari. Bahasa Lampung sebagai salah satu dari bahasa daerah yang dituturkan di Provinsi Lampung khususnya di Kota Bandar Lampung juga mengalami permasalahan yang terkait dengan pergeseran bahasa yang mengarah pada kematian bahasa

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh duncan1890. Diberdayakan oleh Blogger.