Header Ads

Selamat Datang di Blog BELAJAR BERSAMA PAK NDIN - 3M : 1) Memakai masker, 2) Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, 3). Menjaga Jarak

Rangkuman IPAS

 Tujuan Pembelajaran

1. Mengidentifikasi organ tubuh yang berkaitan dengan sistem gerak.

2. Menjelaskan cara tubuh kita bisa bergerak.

3. Mengenal sistem saraf yang mengendalikan tubuh kita.

4. Menjelaskan cara menjaga kesehatan sistem gerak dalam perilaku sehari-hari.


Topik A: Rangka, Sendi, dan Otot: Aktor Dibalik Bentuk Tubuh Kita

Pertanyaan Esensial

1. Apa itu rangka, sendi, otot, dan saraf? 

2. Untuk apa tubuh kita memiliki rangka, sendi, otot, dan saraf?

3. Bagaimana rangka, sendi, otot, dan saraf membantu kita bergerak?


Kerangka tulang memberikan bentuk pada tubuh manusia dan membantu untuk berdiri tegak. Kerangka juga menjadi tempat melekatnya otot-otot penggerak tubuh sehingga kita dapat berjalan, berlari, melompat, dan melakukan gerakan lainnya. Selain itu, kerangka melindungi organ-organ lunak di dalam tubuh. 

Contohnya, tengkorak kepala melindungi otak, serta tulang rusuk dan tulang dada yang melindungi paru-paru dan jantung.  Manusia memiliki sekitar 206 tulang yang tersusun membentuk kerangka di dalam tubuh. Setiap ujung tulang dihubungkan oleh sendi. Sendi membuat beberapa sambungan tulang di tubuh kita dapat ditekuk dan diputar bergantung pada jenisnya. Nah, agar kalian semakin memahami bagaimana tulang, sendi, dan otot bekerja, lakukan aktivitas berikut.

Kosakata Baru

sistem saraf : sistem jaringan dalam tubuh yang mengatur kerja organ tubuh dan menyalurkan rangsangan ke anggota tubuh tertentu.


Kosakata Baru

sendi : tempat bertemunya dua tulang atau lebih agar tulang tersebut bisa bergerak.

otot : bagian pada tubuh manusia dan hewan yang berfungsi menggerakkan bagian tubuh tertentu.

tulang : bagian tubuh yang sangat keras yang berfungsi melindungi organ-organ penting dalam tubuh.

replika : tiruan.


Sendi dan Otot

Tubuh kalian bisa melakukan banyak jenis gerak. Jari tangan bisa menekuk, memegang, menulis, melempar, dan masih banyak lagi gerak lainnya. Lengan atas bisa kita putar, tekuk, dan luruskan. Kaki juga dapat ditekuk dan diluruskan. Kita juga dapat menggunakan kaki untuk berjalan, berlari, melompat, dan masih banyak lagi.

Saat kalian berlari, bagian betis belakang akan terasa tegang. Bagian yang terasa tegang tersebut merupakan otot yang membuat tulang-tulang kita bergerak. Otot mempunyai tiga sifat, yaitu:

1. Kontraktilitas (otot bisa memendek ketika kontraksi).

2. Ekstensibilitas (otot bisa memanjang ketika relaksasi).

3. Elastisitas (otot bisa kembali ke ukuran semula).

Otot pada tubuh manusia ada tiga jenis. Perhatikan gambar beserta uraian berikut.



 Adapun berdasarkan arah gerakannya, sendi

dapat dibagi menjadi enam macam, yaitu:

1.  Sendi putar, yaitu sendi yang memungkinkan satu tulang dapat melakukan putaran terhadap tulang lain. Contohnya yang terdapat diantara tulang leher dan tengkorak. Seperti saat kalian memutar kepala.

2.  Sendi geser, yaitu sendi yang memungkinkan pergerakan tulang yang menggeser tulang yang lain. Contohnya, sendi yang menghubungkan tulang-tulang di pergelangan tangan dan sendi pada ruas tulang belakang.


3.  Sendi pelana, yaitu sendi yang dapat memberikan gerakan dua arah. Contohnya, sendi penghubung tulang pergelangan tangan dengan pangkal dari tulang ibu jari.

4.  Sendi engsel, yaitu sendi yang memungkinan tulang bergerak menyerupai gerakan pintu dan bersifat satu arah, hanya dapat diluruskan atau ditekuk. Contohnya, sendi pada lutut dan siku-siku.

5.  Sendi gulung, yaitu sendi punya gerakan dua arah, bisa depan-belakang atau kanan-kiri. Contohnya, sendi pada tulang rahang kalian.

6. Sendi peluru adalah jenis sendi yang berbentuk seperti peluru. Sendi peluru memungkinkan bagian tubuh kita bergerak ke segala arah dan memutar. Contohnya adalah sendi di bagian pinggul yang menyatukan tulang panggul dengan tulang paha, sendi pada bahu yang menghubungkan tulang belikat dengan tulang lengan.






Assesmen

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh duncan1890. Diberdayakan oleh Blogger.