Header Ads

Selamat Datang di Blog BELAJAR BERSAMA PAK NDIN - 3M : 1) Memakai masker, 2) Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, 3). Menjaga Jarak

Rangkuman PMM - PPG

 







Memahami Murid : Memetakan Kebutuhan Murid 


Seberapa banyak siswa yg terlibat pada pembelajaran. 

- Perhatian tidak Fokus
- Pandangan kosong
- Murid tidak memahami bahan ajar

Tanggung jawab guru adalah membantu siswa dalam memahami materi ajar dan menguasai keterampilan sesuai kompetensi yang diharapkan. 


Untuk lebih jauh, guru dapat memiliki pengetahuan awal dan keterampilan yang dipengaruhi oleh bagaimana ia dibesarkan dalam keluarga dan lingkungan. 

Karena itu setiap murid adalah individu yg unik. 

Tugas guru adalah mengenali karaktersitik dan kebutuhan lnya agar dapat mengembangkan potensinya. 


APA ITU KEBUTUHAN BELAJAR?


Kebutuhan belajar adalah jarak atau Kesenjangan antara sasaran belajar yang ingin dicapai dengan kondisi real murid saat ini. 

Ada tiga faktor yang mempengaruhi kebutuhan belajar : 
- pengetahuan
- keterampilan
- ketertarikan (Antusiasme murid)

Kegiatan Awal : 
- guru mengenali dan mengidentifikasi kemampuan dan minat siswa 

Solusi : 
Guru harus memahami mengidentifikasi  kemampuan dan pemahaman murid tentang materi yang ingin diajarkan agar bisa Memetakan Kebutuhan belajar siswa. 

Cara mengidentifikasi, guru dapat melibatkan media seperti gambar dan kalimat pendek terkait dengan gambar, 

Hasil pemetaan tersebut agan menjadikan dasar perancangan pembuatan materi yang akan diajarkan. 

Dengan demikian diharapkan siswa dapat berperan lebih aktif, 


Tujuan mengenali kebutuhan belajar siswa untuk dapat mengetahui tingkat kesulitan siswa dan menjadikan perbaikan pembelajaran secara spesifik dan terarah. 

Kenali murid dikelas : 
- siapa murid yang jarang merepon/menjawab pertanyaan.
- siapa yang murid tugasnya tidak tuntas
- siapa murid yg sering terlihat melalui

Apakah guru sudah mengetahui mengapa murid : jarang menjawab pertanyaan, tugas tidak tuntas dan murid sering melamun


Menyelarqskan kebutuhan peserta didikan dengan tujuan pembelajaran


Memahami Murid


Assesment Diagnostik

Kemampuan dan kebutuhan murid yg beragam.

Guru mengenali kemampuan dan kebutuhan murid yg beragam, sehingga guru dapat memetakan dalam bentuk kelompok sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan murid sehingga guru dapat menyelaraskan kebutuhan murid dan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. 

Pembelajaran diferensiasi dapat dilakukan dengan tiga alternatif modifikasi yaitu melalui modifikasi proses, produk akhir dan konten. 


Dengan 3 alternatif diferensiasi maka guru dapat : 
- Menyesuaikan tujuan pembelajaran
- konten pembelajaran 
- ragam aktivitas 
- dan produk akhir murid sesuai dengan kebutuhan minat dan kemampuan


Pembelajaran diferensi sesuai dengan kemampuan dan levelnya

Memenuhi Kebutuhan Murid Dengan Diferensiasi Konten

Pembelajaran Diferensiasi


Assement Awal


Pembelajarannya bisa di lihat dr proses, projek, Produk dan Hasil. 


Diferensi bagian untuk memenuhi pelajaran siswa. 


Mengenal dan menumbuhkan identitas yang unik sebagai bagian dalam keberagaman adalah salah satu cara berpikir pendidik yang berpihak pada pembelajaran sepanjang hayat.

Memenuhi Kebutuhan Murid dengan Diferensiasi Proses




Kebutuhan belajar harus menjadi dasar praktik diferensiasi dalam kelas, diferensiasi proses akan menjawab pertanyaan-pertanyaan atau kegelisahan murid, seperti bagaimana kebutuhan murid bisa dipenuhi? 

Diferensiasi Proses

Memenuhi Kebutuhan Murid Dengan Diferensiasi Produk














Tidak ada komentar

Gambar tema oleh duncan1890. Diberdayakan oleh Blogger.