SAS Ganjil Pendidikan Kewarganegaraan - Tahun Pelajaran 2025/2026
SAS Ganjil Pendidikan Kewarganegaraan - Tahun Pelajaran 2025/2026
1. Belajar Pancasila dengan menyenangkan bertujuan agar siswa…
A. Terpaksa memahami Pancasila
B. Menghafal tanpa memahami
C. Menghayati nilai Pancasila dalam kegiatan sehari-hari
D. Menghindari kegiatan yang berhubungan dengan Pancasila
2. Berikut yang termasuk cara belajar Pancasila dengan menyenangkan adalah…
A. Mendengarkan ceramah sangat panjang
B. Bermain peran tentang nilai Pancasila
C. Menghafal teks panjang tanpa jeda
D. Hanya membaca buku paket
3. Saat melakukan permainan kelompok untuk belajar nilai demokrasi, sikap yang harus ditunjukkan adalah…
A. Memaksakan pendapat
B. Tidak mau bekerja sama
C. Menghargai pendapat teman
D. Mendiamkan teman
4. Kegiatan yang dapat melatih nilai gotong royong saat belajar Pancasila adalah…
A. Diskusi kelompok
B. Menggambar sendiri
C. Membuat tugas tanpa melihat teman
D. Bermain HP saat belajar
5. Mendengarkan cerita bergambar tentang Pancasila termasuk metode belajar yang…
A. Membosankan
B. Menyenangkan dan mudah dipahami
C. Tidak bermanfaat
D. Hanya untuk anak kecil
6. Ketika guru mengajak siswa membuat poster nilai Pancasila, tujuan utamanya adalah…
A. Agar siswa hanya berkompetisi
B. Agar siswa mengeluarkan biaya besar
C. Agar siswa mengekspresikan pemahaman dengan kreatif
D. Agar siswa tidak belajar teori
7. Metode pembelajaran yang meningkatkan kerja sama dan pemahaman nilai persatuan adalah…
A. Tugas individu
B. Game edukasi kelompok
C. Ujian tertulis panjang
D. Menghafal tanpa praktik
8. Salah satu manfaat belajar Pancasila secara menyenangkan adalah…
A. Siswa cepat bosan
B. Siswa tidak memahami nilai Pancasila
C. Siswa lebih aktif dan mudah menerapkan nilai Pancasila
D. Siswa hanya bermain tanpa belajar
9. Saat siswa berdiskusi tentang toleransi, sikap yang harus dilakukan adalah…
A. Menghina agama teman
B. Menghargai perbedaan pendapat dan keyakinan
C. Menyalahkan pendapat orang lain
D. Menolak mendengarkan teman
10. Dalam kegiatan “tebak gambar nilai Pancasila”, siswa belajar untuk…
A. Menyelesaikan permainan secepatnya
B. Mengidentifikasi nilai Pancasila melalui simbol dan kejadian
C. Menghafal lambang negara lain
D. Tidak bekerja sama
2. Mengamalkan Pancasila untuk Kebahagian Bersama
11. Mengamalkan Pancasila bertujuan untuk…
A. Memberi keuntungan pribadi
B. Menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan bersama
C. Menghindari kewajiban
D. Membuat aturan semakin sulit
12. Contoh pengamalan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari adalah…
A. Memaksakan ibadah pada orang lain
B. Beribadah sesuai agama masing-masing
C. Tidak menghormati perbedaan kepercayaan
D. Mengejek ibadah teman
13. Menghargai teman walaupun berbeda suku, budaya, dan agama merupakan pengamalan sila ke…
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
14. Mengamalkan nilai kemanusiaan dapat dilakukan dengan cara…
A. Membiarkan teman kesulitan
B. Bersikap adil dan tidak membeda-bedakan
C. Memilih teman berdasarkan kekayaan
D. Menghina teman yang berbeda
15. Sikap yang mencerminkan sila keempat dalam kehidupan kelas adalah…
A. Guru yang memutuskan semuanya sendiri
B. Memaksakan pendapat saat diskusi
C. Musyawarah untuk menyelesaikan masalah kelas
D. Tidak mau mendengarkan orang lain
16. Mengamalkan sila kelima di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan…
A. Membiarkan teman tidak mendapat tugas
B. Memberikan kesempatan yang sama kepada semua siswa
C. Hanya mengajak teman tertentu bekerja sama
D. Mengambil semua fasilitas untuk diri sendiri
17. Mengajak teman bekerja sama membersihkan lingkungan sekolah menunjukkan pengamalan nilai…
A. Egois
B. Persatuan
C. Permusuhan
D. Ketidakpedulian
18. Kebahagiaan bersama tercipta ketika masyarakat…
A. Mendahulukan kepentingan pribadi
B. Tidak mau saling membantu
C. Mengamalkan nilai gotong royong
D. Tidak peduli lingkungan
19. Saat teman melakukan kesalahan kecil, sikap terbaik yang sesuai Pancasila adalah…
A. Mengejeknya
B. Memaafkan dan mengingatkan dengan baik
C. Mengumumkan kesalahan di depan kelas
D. Marah tanpa alasan
20. Salah satu bentuk kebahagiaan bersama yang muncul karena pengamalan Pancasila adalah…
A. Hidup penuh pertengkaran
B. Lingkungan tidak harmonis
C. Masyarakat saling menghargai dan hidup rukun
D. Banyak kelompok yang terpecah
3. Mengenal Norma, Hak dan Kewajiban dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
21. Norma dalam kehidupan masyarakat berfungsi untuk…
A. Membatasi semua kegiatan warga secara keras
B. Mengatur tingkah laku agar tercipta keteraturan
C. Membuat masyarakat menjadi takut
D. Memberikan hukuman berat kepada semua orang
22. Hak adalah…
A. Sesuatu yang harus kita kerjakan
B. Sesuatu yang boleh tidak dilakukan
C. Sesuatu yang pantas kita terima
D. Sesuatu yang tidak penting.
23. Kewajiban warga negara adalah…
A. Sesuatu yang boleh dikerjakan bila ingin
B. Sesuatu yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab
C. Sesuatu yang tidak memengaruhi kehidupan
D. Sesuatu yang dapat ditunda tanpa batas waktu
24. Contoh hak di sekolah adalah…
A. Mengikuti upacara bendera
B. Mendapatkan rasa aman saat belajar
C. Menjaga kebersihan kelas
D. Menaati peraturan sekolah
25. Kewajiban yang harus dilakukan di lingkungan rumah adalah…
A. Mendapatkan uang jajan
B. Bermain sepuasnya
C. Membantu menjaga kebersihan rumah
D. Menonton TV sepanjang hari
26. Saat seseorang melaksanakan kewajiban dengan baik, maka haknya akan…
A. Hilang
B. Berkurang
C. Terpenuhi
D. Tidak berubah
27. Contoh wujud menaati norma sopan santun adalah…
A. Berbicara kasar pada orang tua
B. Menyela pembicaraan teman
C. Mengucapkan salam saat berkunjung
D. Mengabaikan nasihat guru
28. Salah satu kewajiban warga negara terhadap negara adalah…
A. Mendapat perlindungan hukum
B. Menjaga persatuan bangsa
C. Mendapat pendidikan
D. Mendapat pelayanan publik
29. Jika norma tidak dipatuhi, maka akibatnya adalah…
A. Kehidupan menjadi tertib
B. Hubungan antarwarga menjadi harmonis
C. Terjadi kekacauan dalam masyarakat
D. Masyarakat menjadi lebih bahagia
30. Contoh sikap yang menunjukkan keseimbangan hak dan kewajiban adalah…
A. Meminta dihormati tanpa menghormati orang lain
B. Menuntut hak tetapi tidak mau melaksanakan kewajiban
C. Menghormati teman dan mendapatkan penghargaan kembali
D. Menolak peraturan yang berlaku
4. Belajar Musyawarah
31. Musyawarah merupakan cara penyelesaian masalah dengan…
A. Suara terbanyak saja
B. Kekerasan dan paksaan
C. Bermain undian
D. Berdiskusi untuk mencapai kesepakatan bersama
32. Dalam musyawarah, setiap peserta harus bersikap…
A. Egois
B. Mendengarkan pendapat orang lain
C. Meninggalkan ruangan
D. Memotong pembicaraan
33. Keputusan musyawarah yang baik adalah keputusan yang…
A. Menguntungkan ketua kelompok
B. Disetujui sebagian kecil peserta
C. Disetujui oleh seluruh peserta
D. Ditentukan satu orang saja
34. Kegiatan musyawarah biasanya dilakukan untuk…
A. Hal yang tidak penting
B. Menentukan keputusan bersama
C. Menghindari tanggung jawab
D. Menghabiskan waktu saja.
35. Dalam musyawarah kelas, sikap yang tidak boleh dilakukan adalah…
A. Menghargai pendapat teman
B. Menyampaikan pendapat dengan sopan
C. Memaksakan pendapat pribadi
D. Mendengarkan pendapat orang lain
36. Jika tidak mencapai mufakat dalam musyawarah, langkah selanjutnya adalah…
A. Membubarkan musyawarah
B. Meminta keputusan teman terdekat
C. Menyerahkan keputusan pada satu orang
D. Mengambil suara terbanyak (voting)
37. Contoh kegiatan musyawarah di sekolah adalah…
A. Menentukan jadwal piket kelas
B. Mengisi daftar hadir
C. Mengikuti upacara
D. Mengumpulkan tugas
38. Salah satu manfaat musyawarah adalah…
A. Menimbulkan perpecahan
B. Membuat keputusan lebih adil dan diterima bersama
C. Menguntungkan pihak tertentu
D. Menghilangkan hak berpendapat
39. Musyawarah mencerminkan nilai Pancasila sila ke…
A. Sila pertama
B. Sila ketiga
C. Sila keempat
D. Sila kelima
40. Saat teman menyampaikan pendapat dalam musyawarah, sikap yang paling tepat adalah…
A. Menyela pembicaraannya
B. Menertawakannya
C. Mendengarkan dengan sopan
D. Pergi meninggalkan ruangan
4. Menghormati Perbedaan Budaya dan Agama dalam Kehidupan Sehari-hari
41. Menghormati perbedaan budaya dan agama berarti…
A. Menganggap budaya sendiri paling benar
B. Menghargai setiap perbedaan tanpa memaksakan pendapat
C. Menghindari orang yang berbeda
D. Mengubah budaya orang lain
42. Contoh sikap menghormati teman yang berbeda agama adalah…
A. Menghina cara ibadahnya
B. Tidak mengajak bermain
C. Mengizinkannya beribadah sesuai keyakinannya
D. Menghalangi saat ia beribadah
43. Indonesia memiliki banyak suku dan budaya. Hal ini seharusnya membuat kita…
A. Saling bersaing tidak sehat
B. Saling menghargai dan bangga terhadap keberagaman
C. Terpecah belah
D. Membeda-bedakan teman
44. Saat ada teman yang merayakan hari besar agamanya, sikap terbaik yang harus dilakukan adalah…
A. Menyindirnya
B. Ikut merayakan dengan cara yang tidak pantas
C. Mengucapkan selamat dengan sopan
D. Menertawakan perayaan tersebut
45. Menghormati perbedaan budaya dapat dilakukan dengan cara…
A. Merusak tarian tradisional daerah lain
B. Mempelajari dan menghargai budaya orang lain
C. Menganggap budaya sendiri paling unggul
D. Menolak makanan khas daerah tertentu
46. Ketika berada di lingkungan dengan banyak perbedaan agama, kita sebaiknya…
A. Menghindari mereka
B. Memaksakan keyakinan kita
C. Menjalin pertemanan tanpa membeda-bedakan
D. Memilih teman berdasarkan agama
47. Menghormati budaya daerah lain berarti kita…
A. Menjauhi upacara adat mereka
B. Menghina pakaian adat mereka
C. Menghargai dan tidak merendahkan adat atau tradisi mereka
D. Melarang mereka melaksanakan adat
48. Perbedaan budaya dan agama di Indonesia merupakan…
A. Penyebab konflik
B. Ancaman bagi bangsa
C. Kekayaan bangsa yang harus dijaga
D. Hal yang harus diseragamkan
49. Ketika teman tidak ikut pelajaran olahraga karena sedang berpuasa, sikap kita sebaiknya…
A. Menertawakannya
B. Membujuknya agar melanggar puasa
C. Memahami dan menghormati keadaannya
D. Mengajak bermain kasar
50. Menghormati perbedaan agama dan budaya membantu menciptakan…
A. Permusuhan
B. Konflik
C. Kerukunan dan kedamaian
D. Perdebatan panjang



Tidak ada komentar